Sabtu, 03 Maret 2012

Make Up

Assalamualaikum.
Halo para pecinta make up. Akhirnya aku posting pertama, resmi launching. Maafkan sekaligus terima kasih untuk yang sudah menunggu. :)

Kali ini aku mau berbagi ilmu dan tips untuk ber-makeup. 

Make up yang biasa aku pake adalah merk Artistry dan Wardah. Kombinasi yang menurutku udah sip dan masalah harga untuk merk Wardah terjangkau, tapi untuk merk Artistry agak mahal.



Yang perlu disediakan untuk para pemula adalah :

  1. Foundation
    Aku memakai merk Artistry Shelf-Defining Sheer Foundation dengan warna Linen. Harga 280ribu. Foundation ini untuk kulit cenderung kering.
  2. Bedak Tabur
    Masih dengan merk Artistry Loose Powder dengan warna Fair. Harga 230ribu.
  3. Bedak Padat
    Disini aku cinta dengan Artistry Ideal Powder Foundation Refill warna Sand . Harga 220ribu (dijual terpisah dengan wadahnya. Harga wadah bedak tabur 130ribu).
  4. Concealer
    Wardah punya produk yang praktis. Double Function Kit, concealer sekaligus eye shadow base. 
  5. Eye Shadow
    Wardah memiliki banyak pilihan warna dan aku selalu jatuh cinta pada kombinasi warnanya. 14 macam kombinasi warna eye shadow, warna yang wajib dimiliki untuk pemula sebaiknya eye shadow Wardah seri A.
  6. Eye Brow Pencil
    Semua sudah percaya, satu merk terkenal yang berwarna orange adalah Viva. Pilihlah warna Brown untuk hasil yang natural.
  7. Eyeliner
    Untuk tipe pensil, bisa gunakan merk Wardah warna hitam atau putih. Untuk cair, aku biasa memakai merk Revlon Color Stay warna hitam.
  8. Maskara
    Maybelline the Magnum Volume Express benar-benar membuat bulu mata anda lentik dan panjang.
  9. Blush On
    Artistry memiliki banyak koleksi warna, disini aku selalu pakai Rosewood.
  10. Lipstik
    Jujur aku alergi lipstik dan belum ketemu merk lipstik yang cocok. Tapi favorit lipstik punya ibuku adalah Artistry Lip Colour dan warna favoritku adalah Apricot Blossom.

Selanjutnya, mari melukis wajah.^o^

before - after

1-2-3. foundation-concealer-bedak
Pertama, bersihkan dulu muka dengan sabun muka/susu pembersih. Lanjutkan dengan toner dan oleskan pelembab. Tunggu sekitar 3-5 menit agar pelembab meresap ke kulit.

Kedua, pakailah foundation cair dengan arah memolesnya ke bawah. Hal ini ditujukan agar pori-pori wajah bisa tertutup. Biasanya warna foundation yang dipakai adalah satu tingkat lebih gelap atau sama dengan warna kulit. Dilanjutkan dengan mengaplikasikan concealer di bekas jerawat atau lingkar hitam bawah mata.

Ketiga, taburkan bedak tabur terlebih dahulu dengan cara menepuk-nepuk puff. Kemudian menggunakan bedak padat dengan cara yang sama. Puff ditepuk-tepuk agar pori-pori tidak terbuka lagi. Gunakan warna bedak sama dengan warna kulit atau satu tingkat lebih terang.


4-5. Eye Shadow, Eyeliner, Maskara
Keempat, bubuhkan eye shadow base terlebih dahulu lalu aplikasikan eye shadow. Kali ini aku memakai eye shadow dari Wardah seri A (orange-coklat-coklat bata) dan C (hijau). Gunakan warna hijau muda ke seluruh kelopak mata. Lalu berikan warna hijau gelap ke ujung kelopak mata luar, semburkan agak ke tengah dan tulang mata. Gunakan juga warna hijau paling muda di tulang mata atas hingga bawah alis, teruskan ke ujung mata dalam dan beri bagian mata bawah dengan warna ini untuk highlight. Tindas warna hijau muda dengan warna orange hingga separoh kelopak mata.

Kelima, beri bingkai mata dengan eyeliner pensil/cair (sesuai selera) di kelopak mata persis di atas tumbuhnya bulu mata atas dan di atas tumbuhnya bulu mata bawah. Sebaiknya gunakan warna hitam agar mata tampak tegas. Jangan lupa jepit bulu mata terlebih dahulu baru gunakan maskara dengan cara zig-zag agar tidak menggumpal di bulu mata.


6. Pensil Alis
Keenam, lukis alis anda dengan pensil alis warna coklat. Menurutku ini bagian tersulit dari ber-makeup. Karena hasil yang jelek dan asimetris membuat wajah jadi aneh. Sebaiknya bentuk alis terlebih dahulu agar menggambar alis menjadi lebih mudah. Ujung dalam alis sebaiknya tidak melebih ujung dalam mata dan ujung luar alis tidak terlalu panjang, disesuaikan dengan garis diagonal yang ditarik dari ujung hidung ke ujung mata luar.


7-8. Shading, Blush On
Ketujuh, berikan sentuhan hidung mancung dengan shading. Disini bisa menggunakan foundation dengan warna paling gelap atau eye shadow warna coklat tua. Caranya baurkan foundation atau eye shadow di sebelah tulang hidung dengan menariknya dari ujung alis dalam ke bawah, tipis-tipis saja, jangan terlalu tebal. Lalu diantara shading tadi, aplikasikan bedak padat warna paling putih.

Kedelapan, sapukan blush on ke tulang pipi dan ditarik ke luar. Cara shadingnya tergantung bentuk wajah. Saat menggunakan kuas, putar kuas dengan bentuk 'C' agar warna bisa terbaur sempurna. 

9. Lipstik







Terakhir, kesembilan. Beri warna pada bibir anda sesuai warna kesukaan. Bisa dengan menggunakan kuas bibir atau langsung mengoles lipstik.
Bagaimana?
Mudah bukan untuk melukis wajah menjadi lebih cantik dan manglingi? Hehehe.
Ayo segera lengkapi koleksi makeup dan buat semua terkagum padamu. Terserah semua merk kosmetik sesuai kantong masing-masing, tapi tetap ingat kalo kecantikan sejati terpancar dari dalam hati. Kecantikan raga adalah anugerah dari Allah Sang Pencipta.

Bila ada yang kurang berkenan atau foto yang ditunjukkan jelek, itu smua karna saya mengerjakan sendiri, masih amatir. Tapi mudah-mudahan bermanfaat ya. Menerima saran dan kritik yang membangun. Terima kasih :*


Wassalam

4 komentar:

  1. artistry ituu cari nya dimana mba?

    BalasHapus
  2. artistry itu produknya Amway. Kalo berminat bisa PM aku ^o^

    BalasHapus
  3. artistry is the best, walaupun haarganya mahal tapi berkualitas dan aman digunakan :D

    BalasHapus
  4. Mbaaq aku mau beli merek artistry dimana ya mba mohon infooo. Makasih

    BalasHapus