Sabtu, 10 Maret 2012

Hijab Do (1)

Assalamualaikum.
Kali ini aku bagi-bagi tips untuk berkreasi dengan hijab. Yang simple tapi cocok buat menghadiri acara resmi.
Yang harus dipersiapkan adalah ciput topi, peniti, jarum pentul, dan pastinya hijab (bahan paris atau sutra).
Ini dia hasilnya.. Bisa jadi 2 kreasi sekaligus.

kanan-kiri oke

Untuk langkah-langkahnya langsung disimak ya, sekalian langsung berlatih. Hehe.


Langkah pertama, pakailah ciput topi dan kali ini aku menggunakan jilbab paris. Lipat jilbab paris menjadi segitiga (gambar kiri). Lalu tarik kedua sisi jilbab ke tengkuk, sematkan peniti disana. Setelah itu, tarik sisi kanan jilbab, silangkan ke kiri depan. Pergunakan sisi ini untuk menutup bagian leher dengan menyematkan jarum pentul ke dekat telinga (gambar tengah-kanan). Rapikan bagian leher ini ke arah belakang. (Langkah ini mari disebut JILBAB DASAR. Karna banyak yang bisa dilakukan setelahnya)




Langkah kedua, sisi kiri yang masih di belakang tadi ditarik ke kanan depan lalu dibawa ke atas. Sematkan jarum pentul dekat dengan ujungnya. Sisa yang masih menjuntai, bisa dijadikan bunga.

finale kreasi 1
Langkah ketiga, tarik sisi belakang jilbab ke sisi kanan. Rapikan bagian belakangnya. Bisa minta bantuan orang lain untuk menilai kerapian belakangnya. Mudah yaaa? Tapi kalo kalian gak suka dengan ada yang menjuntai seperti gambar di atas, bisa ikuti langkah selanjutnya.


Langkah keempat, langsung tarik sisa jilbab yang menjuntai ke atas kepala. (tadi waktu di langkah ketiga, gak perlu merapikan bagian belakangnya, karna bakal ketutup sisa jilbab ini). Seperti biasa, sisa jilbab di sisi kiri, bisa dibentuk bunga. Selesai \m/

Finale Kreasi 2
Bagaimana?
Sangat mudah kan?
Semakin sering berlatih, bakal semakin lihai kok.
Selamat mencoba.
Saran dan kritik yang membangun tetap ditunggu. Sukron ^o^

Wassalam.

6 komentar:

  1. aduh mak...kok jadinya jilbab yg leher njebobog ya ret punyaku gak ketat kayak kamu ?? terus yg didekat telinga itu sering mbukak..emang arah ngejarum pentulinnya (?) itu kebawah ato ke belakang ret? (yg di sebelah telinga itu lo...)
    padahal ini teknik yg paling dasar..susyenya...hiks T_T :D (dhini)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo narik sisa jilbab yg buat nutupin leher harus dua arah.. jangan ditarik ke samping kanan ato kiri aja.. jadi dipenitinya ntar di tengkuk tengah..
      kalo arah jarum pentul biasanya ke bawah.. :)

      Hapus
    2. brarti habis di jarum pentulin di kedua sisi telinga, masih harus ditarik lagi sisa2 ke"njebobogan" yg dileher itu ke arah tengkuk, terus disitu dipenitiin lagi (di tengkuk)..gitu tah ret? :D
      dhini lagi :D

      Hapus
    3. horeee!!! finally I did it!! I can do it!! thank you so much marethaaa!! :*
      hehehe

      Hapus
    4. Alhamdulillah kalo berhasil...
      slamat berkreasi cantik ;)

      Hapus